3 Alasan Kenapa Hobi Kamu Jadi Mahal!

By May 12, 2021 Annissa Sagita No Comments

Jakarta – Urbanreaders, hobi kalian apa nih? Apa melukis, merajut, memancing, atau apa nih?

Hobi sering terpinggirkan karena hanya dilakukan kalau kita ingin saja dan biasanya tidak memerlukan biaya. Tapi siapa sangka, hobi ternyata juga bikin pengeluaran boros loh. Kok bisa sih?

Financial Planner, Annissa Sagita, menyebut ada tiga hal yang bikin hobi jadi mahal.

1. Peralatan Khusus

Hobi bikin mahal karena hobi tersebut membutuhkan peralatan khusus, misalnya fotografi atau memancing. 

“Pertama dia perlu peralatan khusus. Misalnya fotografi, butuh kamera juga lensa, dan itu harganya relatif lebih besar biayanya dibanding yang lain,” kata Annissa dalam webinar bertema ‘Lancar Ngebiayain Hobi dan Finansial Tetap Sehat’, yang digelar Kencomm Indonesia, Sabtu (8/5/2021).

1620480579-kencomm.jpg

Sumber: Financial Planner, Annissa Sagita, di webinar bertema ‘Lancar Ngebiayain Hobi dan Finansial Tetap Sehat’, yang digelar Kencomm Indonesia, Sabtu (8/5/2021).

2. Komunitas

Dikatakan Annisa, bergabung dengan sebuah komunitas rupanya membuat pengeluaran jadi lebih besar. Pasalnya kita ketemu orang sama-sama yang suka.

“Lari misalnya. Kalau kita nggak gabung komunitas, kita lari ya lari aja dengan sepatu yang ada selama nyaman. Tapi begitu gabung, kita jadi tahu banyak jenis sepatu, belum perlu jam tangan pintar untuk mengukur jarak tempuh sampai detak jantung,” pungkas Annisa.

3. Tidak Ada Prioritas

Faktor terakhir hobi bisa jadi mahal dikatakan Annissa karena kita tidak merencanakan keuangan dengan benar.

“Sebelumnya mungkin uang kita cukup untuk menjalankan hobi seperlunya. Tapi karena pengaruh-pengaruh lain terus kita tidak bisa mengontrol diri, mengontrol prioritas jadinya boncos,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang di www.urbanasia.com

https://www.urbanasia.com/3-alasan-kenapa-hobi-kamu-jadi-mahal-U31792

Leave a Reply

Your email address will not be published.