Mau Usaha? Pk Kemitraan Musyarakah (Syariah)

By January 13, 2015 Aidil Akbar Madjid No Comments

 


Oh my god…. waktu ko cepet banget yah berjalan… sumpah udah hari Jum’at lagi dan hari ini cukup hectic, nggak nyangka dah jam 3.30 sore, udah lewatin 4 meeting and lagi nunggu meeting ke 5 plus ampir kelupaan nulis tentang Syariah….

Well komitmen tetap komitmen…. iam the man of my word (cieeeeee… muji diri sendiri *narsisdotcom*, kalo di pasar modal istilahnya My Word is My Bond… tetep yak harus nulis…  So, jadi Akad berikutnya yang mau gw bahas adalah Musyarakah… nah lho apalagi ini maksudnya?  (ngak ngerti yak bahasanya).  Sebenarnya ngelanjutin akad minggu lalu (Masih inget ngak Mudharabah??… kalo lupa coba buka lagi tulisan minggu lalu) dimana kalo kita usaha perlu modal tambahan alias investor (venture capital) dimana kerugian ditanggung si pemilik uang (bukan pebisnis), nah akad yang akan kita bahas sekarang namanya Musyarakah yang kurang lebih artinya adalah akad partnership.

Kalo partnership berarti kedudukan harus sama tingginya tuh…(duduk aja tinggi… gimana berdiri kan?… ini apa sih ngomongin syariah serius ko malah becanda crispy alias garinx)… alias keuntungan akan dibagi bersama dan kerugian juga akan ditanggung bersama (bukan gw untung lu rugi hahahaha…. hush garing…), sesuai dengan jumlah modal yang disetor. Jadi kalo diliat sekilas ya mirip-mirip dengan kalau kita buka usaha bersama dengan menggunakan Perseroan Terbatas (itu tuuuhhh namanya PT bosss)..dimana hak dan kewajiban sebagai pemegang saham sesuai dengan kepemilikan yang dimiliki.  Nah partnership ini bisa berupa modal duit… ato modal lain yang bisa diperhitungkan secara nominal.

Di Perbankan Syariah, produk ini juga digunakan dimana Bank berfungsi sebagai pemodal baik itu pemodal uang maupun keterampilan (skill).  Nah si pengusaha dan si bank tadi akan buat perjanjian bagi hasil sesuai dengan akad dan harus ada ijab kabul nya (teteeeeeeepp bukan nikahaan yak)…ko gw doyan banget ngomongin ijab kabul n nikah ya??….

Leave a Reply

Your email address will not be published.