Bertha Sekunda

Psikolog cantik berpengalaman yang multitalenta, Bertha Sekunda sudah tidak asing lagi di media elektronik, cetak dan online. Passionnya pada dunia human resources membawanya “berpetualang” di dunia HR selama 15 tahun.

Bertha Sekunda lulus dari Universitas Gadjah Mada jurusan Psikologi dan mengambil sekolah profesi Psikologi di UGM dan lulus dengan peringkat cum laude. Karirnya diawali dengan menjadi News Reporter/Presenter di stasiun TV nasional selama 6.5 tahun, disamping itu Bertha juga aktif sebagai MC yang telah memandu berbagai acara seperti wedding ceremony, company gathering, product launching, exhibition, music concert, talkshow, seminar, dsb. Kemampuannya mengkombinasikan berbagai pengalaman yang dimilikinya, membuat penampilannya lebih smart & entertaining. Dalam memandu acara, ia mampu menyajikannya dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Kesibukannya sebagai reporter/presenter/MC rupanya tidak membuat Bertha melepaskan passion dan minatnya mempelajari karakter manusia.Bertha berkarir penuh di bidang human resources. Selama 15 tahun, keterampilannya di dunia HR telah berkembang, diantara skill yang dimilikinya adalah:

1. HR Business Partner

  • Meninjau semua aspek dari Human Resources (Rekrutmen, Personel Admin, Payroll, HRIS, IR) dan mengusulkan suatu sistem baru yang dapat mendukung cara yang efektif dan efisien, untuk mencapai keuntungan bagi Unit Bisnis.
  • Inisiasi Proses Bisnis Lokakarya untuk semua Dukungan Korporasi & Unit Bisnis & mendokumentasikannya.
  • Merancang SOP.

2. Struktur Organisasi

Memberi saran dan rekomendasi struktur organisasi yang lebih baik untuk mencapai efektivitas dan efisiensi organisasi kepada Kepala Unit Bisnis.

3. Analisis Pekerjaan

Untuk merancang, mengembangkan dan mengevaluasi metodologi analisis pekerjaan; Update dan pekerjaan yang lengkap akuntabilitas dan spesifikasi untuk memastikan kejelasan peran dan tanggung jawab pekerjaan.

4. Kompetensi Berbasis SDM

Merancang, mengembangkan & mengevaluasi model kompetensi untuk menghubungkan dan mengintegrasikan antara fungsi-fungsi sumber daya manusia (seleksi, pelatihan, manajemen kinerja, remunerasi, pengembangan karir)

5. Sistem Manajemen Kinerja

Merancang, mengembangkan & mengevaluasi sistem manajemen kinerja untuk memetakan bakat dan memberikan perlakuan SDM yang tepat berdasarkan kinerja

6. Kompensasi & Manfaat

Merancang, mengembangkan & mengevaluasi metodologi evaluasi pekerjaan, mengembangkan & mengusulkan struktur gaji, dan langsung & memantau pelaksanaan survei gaji untuk standarisasi Paket Kompensasi & Manfaat.

7. Manajemen Bakat

Merancang, mengembangkan dan mengevaluasi model atau sistem manajemen bakat untuk mengidentifikasi, mengembangkan dan mempertahankan bakat

Di sela-sela kesibukannya Bertha menyempatkan diri berbagi ilmunya dengan menjadi dosen di Universitas Atmajaya. “Bagi saya, mengajar adalah cara yang paling untuk berbagi pengalaman saya kepada orang yang tepat, sehingga mahasiswa akan melihat kondisi di luar sana. Saya ingin berbagi semua pengalaman saya kepada mereka, dan mudah-mudahan ini bisa mencerahkan mereka untuk belajar secara mendalam tentang teori tetapi tidak melupakan penerapan praktisnya seperti permintaan klien”, ujarnya.

Saat ini Bertha adalah Organization Development Division Manager untuk PT. Mitra Adiperkasa yang membawahi seluruh Indonesia, juga aktif mengisi kolom di Tribun Sumsel untuk Pojok Curhat yang ditulis dengan bahasa ringan yang mudah dicerna khas anak muda.

Bertha’s Facts..

Nama Lengkap : Albertha Sekundarti

Sertifikasi     :

1. Certified Human Resources Proffesional (CHRP) : Atmajaya University, Jakarta
2. Certified IV – Training & Assessment : University Technology Sydney, Australia
3. International Certified Asessment Center Analyst : Carlton AM Institute, USA
4. Creative Thinking : RNTC, The Netherlands
5. Certified Behavior Analyst (CBA) : QQ International, Jakarta
6. Certified Organization Development Specialist : Value Consult, Jakarta
7. Talent Management : PPM, Jakarta
8. Certified Behavior Event Interview : Coaching Plus, Jakarta

Media           : Pojok Curhat – Tribun SumSel

Indonesia Morning Show – Net TV

Selebrita – Trans7

Social Media :Twitter     : @BerthaSekunda

Website        : www.BerthaSekunda.com